Urutan Wudhu Dan Panduan Doa Setelah Wudhu

Urutan Wudhu Dan Panduan Doa Setelah Wudhu


Sebelum melaksanakan shalat, terlebih dahulu umat muslim melakukan wudhu. Wudhu ini bertujuan untuk menghilangkan hadats kecil, melakukan wudhu sama seperti melakukan shalat yakni harus berurutan, ketika melakukan wudhu kita juga dianjurkan untuk membaca doa, adapun doa yang sering dilupakan oleh kebanyakan orang adalah doa setelah wudhu.

Berikut ini adalah urutan wudhu yang dapat anda praktikkan sebelum menunaikan ibadah shalat baik sunnah maupun wajib :
1. Membasuk kedua telapak tangan sebanyak tiga kali diiringi dengan membaca basmallah secara bersamaan.
2. Berkumur-kumur atau mencuci mulut selama tiga kali, guna membersihkan semua kotoran sisa makanan yang tertinggal di sekitar gigi dan mulut.
3. Mencuci kedua lubang hidung sebanyak 3 kali sampai benar-benar bersih.
4. Membasuh wajah tiga kali, ketika membasuh wajah ini anda harus memastikan seluruh bagian atau area wajah terkena air. Apabila anda seorang wanita yang tengah memakai make up waterproof hendaknya menghapus terlebih dahulu make up tersebut agar air mudhu dapat meresap dan kotoran-kotoran di kulit terangkat.
5. Membaca niat, تَعَالَى للهِ فَرْضًا اْلاَصْغَرِ الْحَدَثِ لِرَفْعِ الْوُضُوْءَ نَوَيْتُ . Niat ini dianjurkan untuk dibaca pada saat kita atau anda membasuk wajah pertama kali.
6. Mengusap kepala mulai dari ubun-ubun sampai batas rambut bagian belakang sebanyak tiga kali, bagi wanita berjilbab ketika hendak melakukan wudhu harus membuka jilbabnya hal ini guna memudahkan saat mengusap kepala dan wajah agar wudhu lebih sempurna.
7. Membersihkan kedua telinga tiga kali berturut-turut, bersihkan bagian lubang dan daun telinga secara seksama.
8. Membasuh kaki kanan 3 kali dan kiri 3 kali sampai batas mata kaki.
9. Membaca doa setelah wudhu yaitu, الْمُتَطَهِّرِيْنَ مِنَ وَاجْعَلْنِىْ التَّوَّابِيْنَ مِنَ اجْعَلْنِىْ اَللّٰهُمَّ.وَرَسُوْلُهُ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ اَنَّ وَاَشْهَدُ لَهُ لاَشَرِيْكَ وَحْدَهُ اِلاَّاللهُ لاَّاِلَهَ اَنْ اَشْهَدُ اَ
Kesembilan tata cara dan urutan wudhu mulai dari membasuh telapak tangan sampai dengan membaca doa setelah wudhu harus anda lakukan secara berurutan dan tidak boleh terbalik sama sekali.

Related Posts

About The Author