Tentang Dzikir Setelah Jumat

Tentang Dzikir Setelah Jumat


Salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang muslim adalah mengingat serta menempatkan Allah swt sebagai sandaran hidupnya. Kewajiban ini bisa dilakukan kapan saja serta dimana saja. Nah, salah satu perbuatan yang mengingat Allah swt adalah dengan berdzikir kepadanya. Dzikir ini merupakan anjuran yang sama sekali tidak mengenai situasi maupun kondisi, dan sesuai dengan firman-Nya dalam QS. Al Ahzab yang artinya adalah: Berdzikirlah kepada Allah sebanyak-banyaknya. Bahkan banyak juga hadits yang menjelaskan tentang hadits ini salah satunya adalah yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, yang artinya adalah: “Perumpamaan antara orang yang berdzikir kepada tuhannya dan yang tidak adalah seperti antara orang yang hidup dan orang yang mati. Nah, karena dzikir ini bisa dilakukan kapan saja, otomatis juga bisa dilakukan setelah sholat jumat. Mengenai dzikir setelah jumat ini ada yang menyebutkan agar membaca QS. Al Fatihah, QS Al Ikhlash, QS. Al Falah serta QS. An Nas yang kemudian dilanjutkan dengan membaca syair Abu Nawas.

Mengenai dzikir setelah jumat tersebut, terdapat jawaban di dalam kitab Al Adzkar dimana kitab ini disusun oleh Yahya bin Syaraf An Nawawi, yang artinya adalah: Dari Aisyah rah berkata, Rasulullah SAW telah bersabda, barang siapa yang membaca (setelah sholat jumat) surat Al Ikhlash, surat Al Falah serta surat An Nas sebanyak tujuh kali, Allah akan menghindarkannya dari keburukan (kejahatan) sampai jumat yang berikutnya. Sedangkan mengenai dzikir yang dilanjutkan dengan syair Abu Nawas, ini disebutkan dalam kitab Bughyah al Mustarsyidin.

Dalam Kitab Al Adzkar pula, khususnya Babul Adzkar Ba’dash Shalah disebutkan bahwasanya Imam Nawawi mengatakan ulama sudah bersepakat atau ijma’ mengenai kesunnahan dzikir setelah sholat yang ditopang dengan banyak hadits shahih dengan jenis bacaan yang sangat beragam. Demikian tulisan yang mengupas tentang dzikir setelah jumat ini. Semoga paparan singkat di atas bisa menjadi referensi yang memberikan manfaat untuk Anda dan semoga kita juga termasuk dalam hamba Allah yang selalu ingat kepada-Nya. Wallahu a’lam bish showab.

Related Posts

About The Author