Motode pendidikan pesantren menjadikan anak lebih bertaqwa

Motode pendidikan pesantren menjadikan anak lebih bertaqwa

Pendidikan sangat penting bagi putra-putri anda, sebagai orangtua tentunya anda ingin memberikan yang sekolah yang terbaik untuk pendidikan mereka. Kini banyak sekolah yang menerapkan pendidikan pesantren pada kurikulum sekolah mereka, mereka percaya bahwa metode pendidikan ini mengajarkan nilai adat ketimuran, keagamaan yang diharapkan menjadi generasi yang membanggakan bagi mereka sebagai orangtua dan bekal anak-anak mereka dalam menghadapi hidup dengan nilai agama yang telah terpatri didalam dirinya hingga tidak mudah terjerumus pada hal-hal yang merugikan mereka. Para oarngtua memasukan kesekolah yang menggunakan metode pendidikan yang berorientasi pada pesantren sangat membantu orangtua menitipkan pada sekolah yang menggunakan metode pendidikan ini.

Metode pendidikan pesantren dimana para siswa/santri mendapat pendidikan seperti sekolah umum akan tetapi para siswa /santri di haruskan masuk asrama, anak diajarkan untuk disiplin. Konsepnya hampir sama dengan pesantren modern akan tetapi berbeda dalam penerapannya, pada pesantren ditekankan pada ilmu agama pada untuk metode ini sekolah umum dengan materi pelajaran agama Islam. Sekolah yang menggunakan cara pesantren dimana peserta diajarkan berdisiplin dalam menjalankan ibadah seperti harus sholat tepat waktu dan berjamaah, belajar mengaji Al-Qur’an. Pembentukan karakter Islami sangat diharapkan para orangtua yag menyekolahkan anaknya pada sekolah yang menerapkan metode pesantren pada pola pendidikan di sekolah mereka.
Pendidikan pesantren memang sangatlah bagus dalam pendidikan ini anak sebagai santri dapat belajar dengan baik, baik ilmu agama atau ilmu umum. Pendidikan alan pesantren yang sangat disiplin bila diterapkan pada keseharia membuat anak menjadi lebih mandiri serta memahami bagaimana harus bersikap apa yang telah dipelajari mereka tentang ilmu agama atau ilmu umum. Ilmu agama yang mereka peroleh dapat membimbing mereka dapat bersikap lebih baik dari sebelum-sebelumnya. Pesantren yang disiplin dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga dapat menjadi panutan yang baik bagi lingkunan sekitar, sholat berjamaah juga diterapkan di rumah setelah mereka pulang kerumah bersama orangtua serta membaca Al-Qur’an bersama-sama. Penerapan yag didapatkan disekolah yang menggunakan metode pesantren sangat membantu orangtua dan anak lebih mendekatkan diri lagi kepada Allah.

Related Posts

About The Author