Manfaat Mengimani Kitab Taurat Bagi Umat Islam

Manfaat Mengimani Kitab Taurat Bagi Umat Islam


Mengimani kitab-kitab allah termasuk dalam salah satu rukun iman yang harus diterapkan atau harus ada dalam diri setiap umat islam. Termasuk dalam mengimani kitab yang diwahyukan kepada nabi musa yaitu, kitab taurat. Keharusan kita untuk mengimani kitab tersebut bukan saja terikat pada rukun iman tetapi karena mengimani semua kitab allah membawa manfaat yang sangat positif.

Manfaat mengimani kitab-kitab allah termasuk kitab taurat ternyata memiliki manfaat bagi diri kita sebagai seorang muslim, berikut ini adalah manfaat yang akan kita dapatkan :
1. Menambah tingkat keimanan kita kepada allah SWT, secara tidak langsung mengimani kitab ini akan melatih dan mempertebal rasa iman kita kepada allah. Hal ini tentu saja membawa dampak yang positif baik untuk diri sendiri maupun untuk lingkungan sekitar (masyarakat).
2. Meyakini atau memperkuat pemahaman tugas nabi musa, sebagai umat islam kita mengakui bahwa nabi musa adalah nabi kita semua untuk itulah mengimani taurat yang diturunkan allah kepada nabi musa dapat memperkuat pemahaman kita tentang tugas-tugas nabi dan meperkokoh keyakinan kita.
3. Menambah ilmu pengetahuan, mengimani atau mempercayai taurat bukan semata-mata untuk menjadikannya pedoman hidup seperti apa yang kita lakukan kepada kitab suci al-qur’an tetapi sebagai penambah ilmu pengetahuan kita dan membuka mata serta wawasan ternyata kitab-kitab yang allah turunkan tidak hanya al-qur’an semata melainkan ada 4 dan taurat adalah salah satunya.
4. Meningkatkan rasa toleransi antar umat beragama, mengimani kitab yang diwahyukan kepada nabi musa ini akan semakin menumbuhkan rasa toleransi kita sebagai umat muslim kepada non muslim, semakin tinggi rasa toleransi ini maka akan semakin meminimalisir perpecahan dan perseteruan secara tidak langsung meningkatkan kedamaian dan kerukunan antar umat beragama.
Selain keempat hal tersebut, masih banyak manfaat lain yang dapat kita peroleh sebagai umat islam ketika mengimani kitab taurat. Bukan hanya kepada taurat melainkan kepada kitab-kitab lain yang allah turunkan kepada nabi isa, daud dan pastinya nabi muhammad SAW.

Related Posts

About The Author