Hukum Masuk Organisasi Islam di Indonesia

Hukum Masuk Organisasi Islam di Indonesia

Di Indonesia, terdapat tiga organisasi Islam terbesar yang tersebar di berbagai pelosok negeri. Organisasi-organisasi tersebut adalah Majelis Ulama Indonesia, Nahdlatul Ulama, dan Muhammadiyah. Meski berbeda cara penyampaiannya, namun organisasi-organisasi tersebut bersumber dari Al Quran dan al Hadits dan berjalan di koridor manhaj Salafushshalih. Berdasarkan hal tersebut, hukum masuk organisasi adalah mubah atau boleh. Hal ini sesuai dengan ayat dalam Al Quran:
وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الإثْمِ وَالْعُدْوَانِ
“Dan tolong-menolonglah kamu dalam mengerjakan kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran.” (Quran Surat Al-Maidah, ayat2)

Organisasi Islam haruslah yang mengajak pada kebaikan dan kesatuan umat, bukan yang menjerumuskan pada kejahatan dan perpecahan. Dengan begitu, hukum masuk organisasi menjadi cenderung lebih dianjurkan. Tujuan masuk organisasi hendaknya selaras dengan tujuan dn fungsi organisasi itu sendiri. Majelis Ulama Indonesia, Nahdlatul Ulama, dan Muhammadiyah adalah contoh organisasi besar di Indonesia yang anti-radikal berbasis agama. Itu membuat tiga organisasi besar ini menjadi musuh besar para penganut radikalisme. Telah ditengarai adanya upaya dari para penganut radikalisme agama tertentu untuk memecah dan menghancurkan tiga organisasi besar Islam di Indonesia, dengan cara menghalangi dakwah yang dilakukan oleh organisasi-organisasi tersebut di lingkungan masyarakat. Upaya lain yang dilakukan oleh gerakan para penganut radikal tersebut adalah dengan menghasut warga masyarakat agar tidak mempercayai atau meyakini dakwah maupun ajaran Islam yang disebarkan oleh tiga organisasi besar Islam tersebut.
Di saat maraknya fenomena gerakan radikal bebas inilah pentingnya hukum masuk organisasi Islam perlu ditegaskan. Organisasi-organisasi tersebut bisa menjadi tameng untuk menangkal ajakan penganut radikalisme berbasis agama tertentu. Masyarakat perlu tahu dengan lebih nyata dan lebih dalam tentang organisasi-organisasi Islam yang sebenarnya, bukan hanya mendengar dari para penganut radikal itu saja. Karena sejatinya Islam adalah agama rahmatan lil ‘alamin yang membawa kebaikan, kedamaian, dan persaudaraan, bukan pertikaian ataupun perpecahan. Bukan pula penyebar terror ataupun kejahatan seperti yang sering diprovokasikan oleh oknum-oknum tertentu.

Related Posts

About The Author