Buku Kajian Islam

Buku Kajian Islam

Sebagai seorang muslim maka kewajiban untuk menjalankan sholat seperti yang ada dalam buku kajian islam memang harus benar-benar dilaksanakan sebanyak lima waktu dalam meliputi sholat subuh sebanyak dua rakaat, sholat dhuhur sebanyak empat rakaat, sholat asar sebanyak empat rakaat, sholat maghrib sebanyak tiga rakaat, dan sholat isya sebanyak empat rakaat. Kewajiban tersebut tidak dapat diganggu gugat karena secara otomatis sudah terikat dalam diri seseorang dan dalam pelaksanaannya pun harus ditanggung sendiri, dilaksanakan sendiri, dan tidak boleh diwakilkan. Namun, bagi seseorang yang terpaksa tidak menunaikan sholat tepat waktu maka diwajibkan untuk melakukan qadla pada sholat-sholat tersebut. Hal ini bisa dijadikan sebagai solusi jika ternyata seseorang tersebut lalai, lupa, sengaja meninggalkan sholat karena alasan tertentu dan yang lain sebagainya.

Lalu apa itu qadla? Dalam buku kajian islam, qadla adalah melaksanakan sholat di luar waktu sholat tersebut yang dilaksanakan sama persis dengan jumlah rakaat yang ditinggalkannya atau bisa disebabkan karena waktu yang ternyata tidak mencukupi dari waktu sholat yang dilaksanakan. Meninggalkan sholat secara sengaja dan secara tidak sengaja tentu saja memiliki hal yang berbeda, meskipun keduanya sama-sama tidak mengerjakan sholat namun bobot kesalahannya sudah tentu lebih berat pada yang sengaja meninggalkan. Jika meninggalkan sholat karena disengaja seperti karena rasa malas maka seseorang tersebut akan mendapatkan dosa dan memiliki kewajiban untuk menggantinya. Nah, untuk seseorang yang lupa tidak melaksanakan sholat maka tidak berdosa namun memiliki kewajiban juga untuk menggantinya.
Banyak sekali solusi dan kemudahan yang ada yang diberikan oleh Allah SWT kepada kaum muslim, namun tentunya kemudahan tersebut hanya berlaku untuk orang-orang yang tidak sengaja saja. Qadla mungkin juga bisa diibaratkan dengan menyahur hutang, jika kita tidak melaksanakan kewajiban sholat maka kita berhutang sedangkan untuk membayar hutang tersebut harus dibayarkan sesuai dengan waktu sholat yang sudah ditinggalkannya. Nah, untuk lebih jelas dan terarah mengenai islam maka Anda bisa secara langsung mempelajari buku kajian islam setiap harinya.

Related Posts

About The Author