Buku Islam Tentang Ketentuan Wanita

Buku Islam Tentang Ketentuan Wanita

Dalam buku islam tercantum bahwa sholat sebagai kewajiban umat muslim harus dilaksanakan sesuai dengan ketentuan dan syarat sah yang sudah ada dan ditetapkan dari zaman dahulu salah satunya tentang pakaian menutup aurat yang dikenakan. Untuk seorang wanita, keberadaan mukena atau rukuh menjadi hal penting yang harus ada untuk bisa melaksanakan sholat, karena sudah tentu, sholat yang dilaksanakan dengan aurat terbuka dianggap batal atau tidak sah. Namun, jika terbukanya aurat tersebut disebabkan karena tidak sengaja maka dianjurkan untuk segera menutupnya seperti kain yang tersingkap karena hembusan angin atau karena hal yang lainnya. Cara menutupnya pun harus dilakukan dengan gerakan yang tidak membatalkan sholat seperti gerakan yang dilakukan tiga kali berturut-turut pada saat sedang sholat.

Lalu bagaimana jika aurat yang terbuka adalah aurat organ vital? Jika yang terbuka ketika sholat adalah organ vital maka sholat secara otomatis akan batas meskipun terbukanya dalam keadaan yang tidak sadar. Baik sengaja atau tidak maka sholat akan langsung batal. Maka dari itu, sangat penting untuk menyiapkan diri sebelum melaksanakan sholat seperti mengikatkan bagian bawah mukena dengan erat, penggunaan mukena dengan memasukkan rambut kepala secara keseluruhan dan yang lain sebagainya. Jika Anda tidak yakin dan percaya dengan informasi yang ada, Anda bisa secara langsung membaca materi tentang ilmu-ilmu fiqih khususnya yang berkaitan dengan ibadah pada beberapa buku islam yang bisa dengan mudah didapatkan di toko buku.
Lalu bagaimana jika hukum sholat jika menggunakan pakaian yang tipis atau pakaian yang ketat? Sholat sebagai salah satu kewajiban harus dilaksanakan dengan menggunakan pakaian yang tidak tembus pandang dan tidak memperlihatkan lekuk tubuh, maka dari itu sebagai seorang wanita memilih jenis mukena harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak sembarangan. Keutamaan dan pertimbangan yang lainnya dalam memilih pakaian yang dikenakan ketika melaksanakan sholat sangat sekali dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang tidak tembus pandang, tebal, tidak menerawang, polos tanpa banyak tambahan motif dan juga garis-garis yang bisa secara langsung dibaca di buku islam yang Anda miliki.

Related Posts

About The Author