Bagaimana Hukum Mencari Berkah?

Bagaimana Hukum Mencari Berkah?


Ngalap berkah atau mencari berkah biasa disebut dengan tabarruk. Mencari berkah seperti ini sejatinya bukanlah kegiatan yang baru mengingat para sahabat serta para salaf juga telah meneladankan tradisi mencari berkah ini. Jika kita membaca kita-kitab Sirah Nabawiyah, kita akan tahu bahwasanya para sahabat akan berebut untuk mendapatkan tetesan dari air wudlu Rasulullah SAW, dan beliau pun sama sekali tidak melarang para sahabat melakukannya. Ini seolah menunjukkan pada kita bahwa berkat itu memang ada dan bisa kita raih melalui perantara orang-orang yang dekat dengan-Nya. Kemudian jika kita berbicara mengenai hukum mencari berkah itu sendiri, dari kisah para sahabat itu sebenarnya sudah terlihat, namun mungkin masih ada beberapa yang masih ragu.

Hukum mencari berkah ini bisa kita mulai dari fakta bahwa Al-Qur’an tidak menafikan berkah. Di dalam kitab suci ini bahkan kalimah berkah banyak disebutkan dengan berbagai macam bentukannya, sehingga inipun juga menjadi pertanda bahwa ada banyak tempat maupun sosok yang diberkahi oleh Allah swt. Coba kita lihat kisah Nabi Ya’qub as yang menderita sakit mata karena beliau berpisah cukup lama dengan putranya, yakni Nabi Yusuf as. Pada dasarnya Allah swt kuasa untuk langsung menyembuhkan penyakit tersebut, namun ternyata kesembuhan Nabi Ya’qub as ini diperoleh melalui proses berkah sesuai dengan QS. Yusuf ayat 93 yang artinya adalah “….Pergilah kamu dengan membawa baju gamisku ini, lalu letakkanlah dia ke wajah ayahku, nanti ia akan melihat kembali…”. Ayat ini jelas menunjukkan bahwasanya Allah swt menjadikan kesembuhan tersebut melalui berkah dari baju gamis Nabi Yusuf as. Selanjutnya, di dalam Al-Qur’an juga menyebutkan banyak contoh ciptaan-Nya yang dianugerahi barokah antara lain:
a. Barokah pada tempat
b. Barokah pada manusia
c. Barokah pada keluarga
d. Barokah pada waktu
e. Barokah pada pohon
f. Barokah pada air
g. Barokah pada rizki
h. Barokah dalam kehidupan
Dari keterangan singkat di atas kita sudah bisa menyimpulkan bahwasanya hukum mencari berkah ini adalah dianjurkan kaitannya dengan meraih kebaikan di dunia maupun di akhirat.

Related Posts

About The Author